Kamis, 04 September 2014

Pasok Ban MotoGP, Michelin Berharap Jadi Tren

Jakarta, KompasOtomotif – Keputusan Michelin untuk terjun sebagai pemasok tunggal MotoGP mulai musim balap 2016 disambut antusias Michelin Indonesia. Dengan keikutsertaan di ajang balap sepeda motor kasta tertinggi itu, merek asal Perancis tersebut berharap mereguk untung, salah satunya menjadi trendsetter penggunaan ban.

Head of Marketing & Sales 2-Wheels Michelin Indonesia, Bayu Surya Pamugar Sugeng, mengatakan bahwa efek MotoGP begitu besar. ”Kami percaya, keikutsertaan Michelin akan berpengaruh besar terhadap penjualan. Biker akan lebih paham, bahwa penunjang performa tak cuma mesin dan oli, tetapi juga ban,” katanya di Jakarta, (4/6/2014).

Bayu pun memutar memori, bahwa Michelin bukan pemain baru di dunia balap. Sejak 1973 hingga 2008, Michelin sudah memberikan kontribusi bagi juara dunia MotoGP sebanyak 26 kali, dalam kompetisi yang saat itu tidak menerapkan regulasi one make tyre. Inilah yang diyakini bisa menjadibackground awal gambaran performa sesungguhnya.
Pengalaman mengikuti ajang besar sekelas MotoGP, dikatakan Bayu, sangat bermanfaat untuk pengembangan performa ban produksi massal. Sejumlah teknologi dari balap bisa diterapkan untuk berbagai produk. Misalnya, teknologi empat kompon pada ban baru khusus sepeda motor 250cc ke atas, Pilot Power 3.

Tren
Lebih jauh, ditambahkan bahwa efek MotoGP tak hanya dari penjualan, tetapi juga naiknya citra merek di mata para biker Indonesia . ”Kami berharap bisa menjadi trendsetter. Karena biker tahu dan merasakan betul performanya,” imbuh Bayu.

Karakter konsumen Indonesia memang unik. Citra merek menjadi penting untuk memilih ban yang cocok. Misalnya Bridgestone dengan brand Battlax yang menjadi tren bertahun-tahun, karena sering nongol di ajang balap internasional.

Memanfaatkan momen MotoGP tersebut, Michelin Indonesia juga mempertimbangkan untuk membuat agenda balap khusus di Indonesia. ”Saat ini belum, tapi akan kami pikirkan,” tukas Bayu.
Previous Post
Next Post

0 komentar: